Demo Room Practical Room Other Facilities
Professional Adult (Dewasa) Child (Anak) Special Design
Press Gallery Photo Gallery Video Gallery

Artikel

Si Kecil Jago Masak

Pernah melihat acara lomba memasak untuk anak. Acara bernama Junior Master Chef itu memang bukan dibuat di Indonesia. Melainkan di negara tetangga kita, Australia. Aslinya, acara tersebut pertama kali ditayangkan di BBC tanggal 10 Mei 2010. Mengadaptasi kontes memasak untuk orang dewasa. Namun demikian Junior Master Chef mampu membuat orang yang menyaksikannya terpana.

Bagaimana mungkin anak-anak dapat menyajikan aneka masakan lezat tepat waktu. Tampilannya pun menarik. Hebatnya lagi, mereka membuat sajian tersebut dengan penuh percaya diri. Ketika ditanya, mereka dengan gamblang menjelaskan masakan yang akan dibuat untuk para juri.

Apa reaksi Anda ketika menonton acara tersebut. Kaget. Tentu saja. Atau, Anda justru tidak percaya dan menyangsikannya. Reaksi itu wajar saja. Namun tunggu dulu, sebaiknya sisihkan rasa tidak percaya itu jauh-jauh. Mengapa? Karena pada dasarnya anak-anak pun mampu memasak dengan baik.

Jika dicermati, kemampuan memasak merupakan salah satu bakat yang dimiliki seorang anak. Layaknya, menari dan melukis, memasak adalah bakat atau keterampilan yang dapat dipelajari. Untuk mengasah kemampuan tersebut, seorang anak sebaiknya mengenal kegiatan memasak sejak dini. Siapa sangka, sambil belajar mengiris bahan, terselip pelajaran tentang kemandirian, matematika, sains, sosial, dan hubungan antar manusia. Saat bersamaan rasa percaya diri merekapun meningkat.

Keuntungan tidak hanya dirasakan sang anak, orangtua pun mendapatkan hal yang sama. Terutama dari sisi hubungan yang menjadi lebih baik. Komunikasi yang terjalin pun menjadi menyenangkan. Anda dapat mengetahui aktivitas dan masalah yang dialami anak saat memasak. Lalu mencari solusi bersama-sama.

Melihat begitu banyak manfaat yang didapat, kini bukan saatnya lagi melarang anak beraktivitas di dapur. Mulailah melibatkan anak dalam kegiatan memasak. Tentu saja Anda harus menyesuaikan aktivitas yang dilakukan dengan usia anak. Seandainya anak Anda memiliki bakat memasak, tidak ada salahnya mengikut sertakan pada sekolah masak supaya kemampuannya semakin terasah.

Agar aman beraktivitas di dapur, Anda dapat menerapkan beberapa tip berikut ini: